Pindah ke Jerman umur 18thn

Hey guys! Nama aku Selly salam kenal dan Selamat Datang buat kalian yang baru pertama kali baca blog aku! Sesuai dengan judul blog ini, hari ini aku mau berbagi cerita tentang gimana aku bisa pindah ke Jerman pada saat aku masih umur 18tahun. Sekarang aku sudah kurang lebih 5 tahun menetap di Jerman, aku sudah lulus Sekolah dan sekarang sedang bekerja di Jerman!

Jadi gimana nih awalnya aku bisa pindah ke Jerman, masih umur 18 tahun? nah ternyata hal seperti ini juga normal banget di Jerman guys, banyak anak-anak yang keluar dari rumah orang tua mereka sekitar umur 18-20tahun belajar hidup sendiri dan menjadi lebih mandiri, pindah tempat tinggal untuk study atau bekerja. Sama halnya seperti di Indonesia, banyak anak-anak yang setelah lulus SMA merantau ke Kota atau Pulau lain. In my case aku merantau pindah Negara! 🙂

Umur 18 tahun aku juga baru selesai pendidikan SMA, lalu aku mengikuti program Au Pair di Jerman. Nah gimana aku bisa nemuin program ini? Aku punya dua kakak yang juga ikut Program Aupair, berawal dari kakak pertama aku yang bermimpi untuk Study di Luar Negeri. Ada banyak Program yang bisa kalian ikuti untuk Study Abroad seperti, Pertukaran Pelajar antar Kampus (Erasmus), AFS, Au Pair dan lain lain. Buat aku, jalan udah terbuka semua berkat kakak pertamaku yang rajin dan tekun untuk mencari jalan Study ke Luar Negri, dia mengikuti banyak Program dan berbagai macam Negara Tujuan. Singkat cerita dia menemukan program Au Pair dan berhasil berangkat ke Jerman saat dia juga berumur 18 tahun, setelah itu di ikuti oleh kakak kedua ku. Jadi pada saat aku kelas 12 SMA, there is no other question, aku juga mengikuti Program Au Pair.

Apasih Program Au Pair itu? Program Au Pair ini adalah Program dimana kamu bisa tinggal di Luar Negeri bukan hanya di Jerman, tinggal bersama Host Family untuk mengenal Bahasa, Budaya dan Kehidupan di Negara tersebut. Keluarga ini selalu memiliki anak-anak yang nantinya kalian harus dampingi selama kalian berada di Keluarga ini, sebagai timbal balik kalian mendapatkan Akomodasi, Uang saku, dan Kursus Bahasa. Hidup dengan Keluarga langsung di Negara lain akan memberikan kalian banyak Pengalaman. Tentunya bukan hanya suka tapi juga duka, karenap pada umumnya kalian memiliki tanggung jawab untuk mendampingi atau mendidik anak-anak mereka, menurut ku ini bukan tanggung jawab yang kecil dan di tembah lagi menggunakan bahasa yang bukan bahasa ibu kalian.

Bagi aku Program Aupair ini adalah batu loncatan, supaya aku bisa memperdalam kemampuan bahasa Jerman aku, tentunya aku nggak hanya bergantung pada Program ini, aku mau belajar Bahasa Jerman, aku mau mengenal Budaya dan Kehidupaan di Jerman supaya nantinya bisa Study dan Hidup di Jerman. Program ini pada umumnya bisa di lakukan selama 12bulan dan bisa di perpanjang 6bulan, jadi maximal 18bulan.

Setelah Program Au Pair ini selesai, tentunya aku bisa menentukan apa aku akan pulang ke Indonesia atau melanjutkan Study di Jerman. Aku hanya mengikuti program Au Pair ini selama 9bulan, setelah itu aku memutuskan untuk mengikuti Program Sosial(FSJ) di kota lain yang nantinya membantu aku untuk memutuskan Sekolah dan Bidang apa yang ingin aku tekuni. Aku melakukan 2 Program Sosial untuk membandingkan bidang mana yang aku lebih cocok untuk rencana kedepannya. Setelah aku pindah ke Jerman, aku jadi lebih banyak berpikir jangka panjang, memutuskan banyak keputusan untuk ke depannya, yang menurut aku sangat berguna bagi perantauan seperti yang aku lakukan.

Program Sosial yang aku lakukan adalah Bekerja di Taman Kanak-kanak (TK) dan Bekerja dengan Orang-orang berkebutuhan Khusus, tentunya masih ada banyak bidang lain untuk Program Bekerja Sosial, ini adalah contoh Program Sosial dengan bermacam-macam bidang FSJ (Freiwilliges Soziales Jahr) , BFD (Bundesfreiwilligendienst) , FĂ–J (Freiwilliges Ă–kologisches Jahr) .

Setelah kurang lebih 12 bulan mengikuti Program Sosial dan sambil belajar Bahasa Jerman aku memutuskan untuk Study di Sekolah kejuruan di Hamburg (Berufsschule). Nah pada saat ini tentunya aku sudah mempersiapkan diri kurang lebih satu tahun untuk pendaftaran dan pemantapan keputusan bidang mana yang akan aku pilih. Yang artinya aku sudah siap secara Bahasa, Pengalaman, dan juga Mental. Banyak orang-orang yang mendaftar Program Sekolah Kejuruan (Ausbildung) dari Indonesia namun pada saat tiba di Jerman dan harus melakukan Program ini, mereka tidak siap Bahasa, Pengalaman dan Mental. Intinya adalah buat kalian yang juga tertarik untuk Study di Luar Negeri, dimana pun itu harus selalu siap dengan konsekuensi yang akan kalian hadapi, karena hidup di Luar Negeri tidak selalu suka dan easy tapi juga ada dukanya. Hal ini sering di lupakan oleh banyak orang.

Nah singkat cerita aku selesai menempuh Program Sekolah Kejuruan (Ausbildung) selama 3tahun dan Lulus dengan nilai yang memuaskan, bahkan mendapatkan beasiswa karena menjadi salah satu murid dengan nilai tinggi dari satu angkatanku. Aku juga di rekrut oleh Perusahaan dimana aku menjalankan Program ini. Sekarang aku Bekerja di Hotel ternama di Hamburg. Untuk cerita lebih detail mengenai satu per satu Program yang aku ikuti, stay tune ya! Aku akan tulis beberapa Blog lain tentang Program-Program yang aku ikuti! See you soon!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s